Tuesday, July 08, 2008

LOBSTER, UDANG LAUT DENGAN NILAI JUAL TINGGI


Pada umumnya udang merupakan salah satu kelompok hewan laut yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat di Indonesia. Ada beberapa jenis udang laut yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat di Indonesia seperti udang windu, udang black tiger, dan udang barong atau yang saat ini lebih lazim disebut lobster.
Untuk jenis yang terakhir ini yaitu lobster (Panilirus SP) merupakan jenis udang laut yang paling tinggi nilai jualnya dibandingkan dengan jenis udang yang lainnya. Hal ini dikarenakan daging lobster paling gurih rasanya dibandingkan dengan jenis udang yang lainnya.
Tidak hanya di pasaran lokal Indonesia, lobster saat ini merupakan salah satu komoditi laut yang mewah di pasaran dunia. Hampir di setiap restaurant mewah di Indonesia maupun di luar negeri pasti mempunyai menu masakan lobster.
Seiring dengan kemajuan jaman seperti sekarang ini banyak sekali bermunculan eksporti-eksportir lobster di Indonesia yang selalu mengirimkan lobster untuk kebutuhan restaurant di luar negeri seperti Hongkong, Taiwan, Singapura, China, dll.
Hal ini secara tidak langsung terus meningkatkan nilai jual lobster mulai dari tingkat nelayan dan pengepul di pulau-pulau kecil.

No comments: